
Fundamental marketing merupakan hal dasar yang harus dipahami siapa pun yang terjun ke dunia digital marketing. Fundamental marketing berisi langkah-langkah yang harus dilalui seorang digital marketer agar bisa memahami product knowledge dengan baik, untuk selanjutnya menyusun strategi marketing.
Artikel ini akan membahas contoh analisis fundamental marketing melalui studi kasus Tiket.com.
Studi Kasus Tiket.com
Tiket.com merupakan sebuah platform yang menyediakan berbagai kebutuhan untuk traveling dalam satu aplikasi. Studi kasus ini akan memfokuskan analisis pada fitur sewa hotel secara online dengan harga promo.

Analisis 4C Diamond Framework
Analisis 4C Diamond diperlukan untuk memberikan pemahaman mengenai product knowledge, yang mencakup Company, yaitu apakah produk tersebut memiliki diferensiasi dibanding produk lain; Customer, yaitu siapa target audiens dari produk tersebut; Competitor, yaitu siapa kompetitor produk tersebut, baik kompetitor secara langsung maupun tidak langsung; dan Change, yaitu hal-hal yang terjadi di luar bisnis yang memengaruhi produk tersebut.

Analisis 4P Framework
Analisis 4P Framework dibutuhkan untuk mengetahui strategi marketing yang dijalankan, mencakup Product, yaitu apa fokus utama produk yang mau dipasarkan; Price, yaitu penentuan harga yang tepat, yang mana terkait dengan target audiens dari produk tersebut; Place, yaitu lokasi pemasaran produk tersebut; dan Promotion, yaitu bentuk promosi apa yang cocok digunakan oleh produk tersebut.

Demikian contoh analisis fundamental marketing yang saya pelajari dalam Fullstack Intenstive Bootcamp Digital Marketing MySkill.
Jika kamu ingin mempelajari Digital Marketing dari basic, kamu bisa mengikuti Bootcamp Digital Marketing MySkill.